Video Pembelajaran Fisika

Selasa, 02 Mei 2017

Assalamulaikum wr…wb…
 Setelah postingan yang kemaren membahas tentang tugas pokok dan fungsi kepala laboratorium maka sekarang kita akan membahas mengenai SOP.
 Apa itu SOP ?
SOP atau Standar Operasional Prosedur merupakan pedoman atau langkah-langkah kerja tertulis yang melibatkan orang banyak atau pelayanan umum.
Kapan SOP diperlukan ?
-          Harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan
-          Digunakan untuk menilai apakah pekerjaan tersebut terlaksana dengan baik
Pembahasan tersebut adalah pembahasan secara singkat mengenai SOP, dibawah ini adalah contoh SOP peminjaman alat laboratorium  yaitu :

a. Prosedur Peminjaman Alat untuk Praktikum
1. Tiga (3) hari sebelum praktikum dimulai, setiap kelompok siswa harus sudah menyerahkan berkas peminjaman alat yang telah ditandatangani oleh guru mata pelajaran IPA,
2. Staf administrasi laboratorium menyerahkan berkas peminjaman alat kepada kepala laboratorium,
3. Kepala laboratorium memberikan memo kepada staf administrasi dan selanjutnya, staf administrasi memberitahukan memo kepada Laboran yang dimaksud
4. Laboran menyiapkan peralatan untuk kegiatan praktikum sesuai dengan berkas peminjaman alat.
5. Asisten praktikum melakukan cek atas alat yang telah disediakan.
6. Bila ada kesalahan atau ketidaksesuaian antara daftar, jenis maupun jumlah alat sebagaimana berkas peminjaman alat, segera melapor kepada laboran.
7. Setelah memastikan peralatan dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya, serta spesifikasinya sesuai dengan berkas peminjaman alat, asisten praktikum mengisi buku peminjaman alat.
8. Saat kegiatan praktikum berlangsung, peralatan tidak boleh dipinjamkan atau dipindah ke tempat lain; selain judul acara praktikum yang tercantum dalam petunjuk praktikum dan berkas peminjaman alat.
9. Setelah kegiatan praktikum selesai, asisten praktikum segera melapor pada laboran.
10. Peserta praktikum harus membersihkan peralatan, meja dan ruang praktikum, serta merapikannya.
11. Asisten praktikum bersama laboran melakukan cek atas peralatan yang dipinjam dan digunakan dalam kegiatan praktikum, untuk memastikan kondisinya sama dengan saat peralatan akan dipinjam dan digunakan.
12. Peserta praktikum diperbolehkan meninggalkan ruangan laboratorium jika cek peralatan selesai, kondisi laboratorium bersih dan rapi serta diijinkan oleh asisten praktikum


Semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar